Sebaiknya Lakukan Ini sebelum Ikut Tes Beasiswa S1 2016

beasiswa baruMelanjutkan pendidikan ke bangku perkuliahan adalah pilihan yang tepat untuk meningkatkan wawasan dan kemampuan serta memperlebar peluang untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik di masa yang akan datang. Sayangnya, karena faktor ekonomi yang tidak mendukung, sejumlah orang yang ingin kuliah akhirnya gagal mewujudkan impian mereka karena tak sanggup membayar biaya kuliah. Sebenarnya, permasalahan ini sudah bukan masalah serius lagi karena hampir seluruh universitas menawarkan program beasiswa kepada seluruh calon mahasiswanya. Sebagai contoh, Anda bisa mengikuti program beasiswa TSM atau beasiswa President University untuk jenjang strata 1 bila tertarik kuliah di sana. Meskipun begitu, masalah lainnya muncul di mana ada banyak orang yang menginginkan hal yang sama sehingga terciptalah persaingan sengit untuk mendapatkan scholarship.

Apabila Anda ingin mendapatkan beasiswa s1 dan ikut tes dalam waktu dekat, sebaiknya lakukan ini dulu untuk menambah referensi dan tahu apa saja yang harus dipersiapkan:

Temukan informasi terpercaya mengenai beasiswa s1

Hal pertama yang mesti dilakukan adalah mendapatkan sebanyak-banyaknya informasi beasiswa 2016 dari berbagai sumber. Anda bisa mendapatkan informasi terkait dari buku, jurnal, eBook, dan artikel-artikel di internet. Ingat untuk tidak mengandalkan satu sumber saja karena terkadang informasi yang diberikan tidak valid atau relevan lagi. Bisa sajakan informasi yang ada adalah informasi dari tahun lalu yang belum mendapatkan pembaharuan sama sekali. Di samping itu, Anda juga bisa mengecek langsung ke situs resmi universitas tujuan untuk memastikan bahwa memang benar-benar ada informasi beasiswa terbaru dari universitas tersebut. Bila ada kenalan yang sudah kuliah di sana, tak salah bila meminta informasi dari kenalan Anda.

Tanya-tanya

Jangan sungkan untuk bertanya-tanya kepada orang yang banyak tentang beasiswa yang ingin Anda dapatkan. Pada umumnya, bila Anda mendapatkan informasi dari situs-situs di internet, Anda bisa bertanya kepada admin atau owner dari situs tersebut tentang beasiswa yang diinginkan. Silahkan tanya tentang informasi yang kurang jelas agar ada balasan dari admin atau bisa mendapatkan jawaban yang memuaskan. Sebagai contoh, bila tidak dicantumkan kapan tanggal pengumpulan berkas terakhir, silahkan tanya mengenai hal ini secara baik-baik. Bila tidak mendapatkan balasan, Anda bisa mengajukan pertanyaan langsung ke admin dari situs penyedia beasiswa. Jawaban yang diberikan pastinya terpercaya karena yang menjawab tahu betul informasi yang diinginkan.

Minta saran dari orang-orang yang sudah pernah ikut tes

Orang-orang yang sudah pernah ikut tes tentunya tahu apa saja soal-soal apa saja yang dikeluarkan dan jawabannya seperti apa. Tentu saja kemungkinan besar soal-soalnya akan sedikit berubah tapi tidak akan jauh dari penjelasan yang sudah diberikan. Oleh karena itu, bila Anda memiliki teman atau keluarga yang sudah mengikuti tes beasiswa di universitas yang Anda inginkan, minta sarannya agar Anda tahu apa yang harus Anda lakukan dan persiapkan. Misalnya, Anda bisa meminta saran mengenai materi tes pengetahuan umum atau psikotes yang sebaiknya Anda pelajari. Mereka akan memberikan Anda saran dan Anda wajib untuk mencatat dan memahaminya agar resiko untuk tidak tahu jawaban ketika tes bisa diminimalisir.

Apakah dengan mengikuti cara-cara di atas, sudah dipastikan bisa mendapatkan beasiswa yang diinginkan? Jawabannya bisa iya dan bisa juga tidak. Sadari bahwa Anda perlu berkompetisi dengan calon mahasiswa lain yang kemampuannya mungkin lebih baik daripada Anda. Mereka pun datang bukan tanpa persiapan matang. Mereka mungkin sudah mempersiapkan semuanya jauh-jauh hari. Apabila nantinya Anda gagal, jangan berkecil hati karena masih ada kesempatan di tahun berikutnya atau masih ada kesempatan untuk mendapatkan beasiswa di universitas lain.

Dana, Visa, dan Skill Bahasa Inggris: Syarat Utama Kuliah di Luar Negeri

Syarat Utama Kuliah di Luar Negeri

Bukan hal yang tabu kalau banyak pelajar Indonesia lebih memilih melanjutkan kuliah di luar negeri meski kualitas universitas di dalam negeri sudah tidak diragukan lagi. Agar bisa dapat pekerjaan dengan mudah, bisa lebih fasih dalam bahasa Inggris, dan memperluas relasi dari berbagai negara menjadi alasan umumnya. Apakah kamu tertarik kuliah di luar negeri? Penuhi 3 syarat utama berikut:

Dana

Meski kamu kuliah di luar negeri karena beasiswa, kamu pun harus mempersiapkan dana untuk biaya hidup selama di sana. Akan hal ini, kamu bisa bekerja paruh waktu.

Memang benar kalau kuliah di dalam negeri pun harus punya dana, tapi dana yang harus dipersiapkan lebih rendah dibanding saat akan kuliah di luar negeri. Mengapa? Tidak lain karena nilai mata uang negara lain jauh lebih tinggi dibanding Indonesia. Berikut ilustrasi mata uang negara lain dengan Indonesia: 1 GBP (British Pound Sterling) setara dengan 22.248 Rupiah, 1 Dollar Singapura setara dengan 10.246 Rupiah, 1 Lira setara dengan 4.840 Rupiah, dll. Signifikan bukan?

Tak kalah pentingnya, saat kuliah di luar negeri bukan hanya memikirkan biaya pendidikan melainkan juga biaya hidup (apalagi jika tidak memiliki sanak saudara) mulai dari tempat tinggal, konsumsi, transportasi, sampai dengan biaya hiburan. Biaya pendidikan & hidup bakal makin mahal manakala memilih universitas berkelas dunia serta memilih apartemen untuk tempat tinggal, membeli makanan di luar untuk konsumsi, menggunakan taxi untuk transportasi, dan shopping untuk hiburan.

Visa

Untuk bisa kuliah di universitas luar negeri, pelajar Indonesia harus terlebih dahulu membuat visa pelajar sebagai bukti kelegalan. Visa pelajar menjadi tiket untuk masuk dan belajar di luar negeri. Mengingat mendapatkan visa pelajar tidak dapat dalam waktu singkat, sebaiknya urus visa pelajar minimal 8 minggu sebelum keberangkatan atau setelah mendapatkan acceptance letter dari universitas tujuan. Apa saja dokumen pengajuan visa pelajar?

  • Formulir pengajuan yang didapatkan dari kantor kedutaan negara tujuan kuliah (formulir ini bisa di-download)
  • Passport
  • Pasfoto terkini
  • Akta kelahiran
  • Bukti telah diterima di universitas tertentu
  • Bukti jaminan keuangan

Kedutaan negara tujuan bakal mengirimkan pengajuan pembuatan visa pelajar ke imigrasi negara tujuan kuliah. Apabila disetujui, kedutaan negara tujuan kuliah bakal menginformasikannya. Ketahuilah, tidak semua pengajuan visa diterima, ada yang ditolak karena alasan berikut: keuangan tidak kuat, pernah tersangkut kasus keimigrasian, keterangan yang diberikan tidak benar, & tidak melengkapi persyaratan yang diajukan.

Skill bahasa Inggris

Kamu harus memiliki skill bahasa Inggris yang baik sebelum memutuskan untuk kuliah di luar negeri. Begitu pentingnya, bahkan salah satu syarat yang diajukan oleh rata-rata universitas luar negeri adalah nilai tes TOEFL atau IELTS yang bagus (masing-masing universitas mematok standar nilai yang berbeda-beda). Bagaimana jika kamu tidak memiliki skill bahasa Inggris yang baik? Masih ada kesempatan untuk belajar bahasa Inggris. Berikut kiat cepat dalam belajar bahasa Inggris:

  • Perbanyak mendengarkan lagu & menonton film bahasa Inggris
  • Manfaatkan YouTube sebagai media belajar
  • Pastikan setiap harinya menghafal 10 kata
  • Pelajari sentence (present tense, past tense, present continuous tense, dan past continuous tense) engan teman
  • Praktekkan di depan kaca

Kesuksesan dalam belajar bahasa Inggris tergantung dari niat, disiplin, dan usaha kamu. Jika sangat tertarik kuliah di luar negeri teguhkan niat, disiplin belajar, dan berusaha dengan maksimal. Ingat, tidak ada usaha yang sia sia. Semoga berhasil 😀

Wajib Anda Ketahui sebelum Kuliah di Singapura

kuliah di singapuraTahukah Anda bahwa ada sekitar 24,000 mahasiswa Indonesia yang menempuh pendidikan di jenjang S1, S2, dan S3 di Singapura? Yup, banyaknya mahasiswa dari tanah air yang memilih untuk kuliah di sana disebabkan karena kualitas pendidikan di negara tersebut jauh lebih baik dibandigkan di Indonesia. Di sana, ada banyak universitas ternama yang sudah masuk universitas terbaik di seluruh penjuru dunia. Nanyang Technological University, National University of Singapore, Singapore Management University, Singapore Institute of Management, Singapore University of Technology and Design, Melior International College, dan James Cook University adalah beberapa contohnya.

Para lulusan dari universitas-universitas Singapura juga diakui di seluruh dunia dan kebanyakan dari mereka sudah bekerja di perusahaan besar atau membuka bisnis sendiri. Apakah Anda tertarik untuk melanjutkan pendidikan Anda di negara yang sering disebut negara seribu satu larangan ini? Jika iya, Anda wajib mengetahui hal-hal di bawah ini sebelum kuliah di sana:

Standar biaya hidup di Singapura termasuk yang tertinggi di Asia

Jika dibandingkan dengan negara-negara di Asia Tenggara, seperti Indonesia, Malaysia, Myanmar, Filipina, dan Thailand, standar biaya hidup di negara ini dua kali lebih mahal. Tak heran apabila harga bahan makanan, produk elektronik, peralatan rumah tangga, produk fashion, dan lain sebagainya dijual dengan harga sangat mahal. Berdasarkan informasi terpercaya, hal ini membuat kebanyakan penduduk di Singapura bersifat individualis di mana mereka lebih mementingkan diri sendiri dan mengabaikan orang di sekitar mereka. Di samping itu, ketika akhir pekan atau musim liburan, mereka lebih memilih untuk liburan ke negara tetangga, seperti Indonesia untuk bersenang-senang.

Peraturan di sana sangat tegas

Berbeda halnya dengan di Indonesia, peraturan di Singapura sangatlah tegas. Misalnya saja, tempat yang sudah jelas ada larangan merokok, jika di Indonesia masih saja ada orang yang merokok. Namun, jika di Singapura, orang-orang akan mematuhinya karena apabila melanggarnya mereka akan dihukum dengan denda yang mahal. Semua peraturan di buat secara detail, sampai yang membuang sampah sembarangan pun dikenakan denda yang sangat mahal. Hal inilah yang menjadi dasar mengapa orang-orang menyebut bahwa Singapura adalah negara seribu satu aturan.

Memang terdengar cukup menyusahkan masyarakat di sana tapi lihat hasilnya. Negara ini menjadi salah satu negara teraman dan ternyaman di dunia. Sebagai generasi muda, Anda harus mencontoh betapa disiplinnya orang-orang di sana agar Anda bisa menjadi pribadi yang mandiri dan berkualitas nantinya.

Beragam suku bangsa dan bahasa ada di negara ini

Ada banyak suku bangsa dan bahasa yang bisa dijumpai di Singapura. Tak heran apabila hampir di setiap sudut kota ada orang India, Cina, Belanda, Thailand, Melayu, dan lain sebagainya. Mereka membaur satu sama lain sehingga menciptakan keragaman budaya. Bagi para pelajar Indonesia, hal ini bisa membawa keuntungan dan juga kerugian. Keuntungannya, mereka bisa mempelajari beragam budaya dari berbagai negara baik di kampus maupun lingkungan tempat tinggal. Sedangkan kerugiannya berkaitan erat dengan perbedaan bahasa. Rata-rata masyarakat di sana menggunakan bahasa Inggris dengan dialek yang berbeda-beda sehingga sulit dimengerti. Tak heran apabila kebanyakan pelajar Indonesia kesulitan dalam menyerap pembelajaran dari dosen yang bukan asli orang Inggris karena mereka menggunakan dialek mereka sendiri-sendiri. Untuk itu, Anda harus beradaptasi sebaik mungkin agar Anda bisa berkomunikasi dan mengerti apa yang sedang dibicarakan.

Ketahui Kriteria Universitas Terbaik

Universitas Terbaik

Lagi pilih-pilih universitas yang bakal dituju? Pastikan universitas memiliki kriteria berikut:

  • Akreditasi universitas setidaknya B (lebih bagus lagi kalau A), pengajaran dan pendidikan ketika kuliah di universitas dengan akreditasi tinggi bakal buat kemampuan yang dimiliki mampu berdaya saing nasional atau internasional
  • Para lulusannya sudah banyak yang sukses, diterima bekerja di perusahaan top atau menjadi pebisnis sukses
  • Dosen pengajarnya punya track record yang bagus, rata-rata dosen pengajarnya setidaknya sudah menamatkan S2.

Jadilah lulusan yang unggul dengan kuliah di universitas terbaik. Selamat bergabung di universitas terbaik 😀