Hobi Menggambar? Kuliah DKV (Desain Komunikasi Visual) Aja!

Kuliah DKVBegitu besar dampak buruk bila salah memilih jurusan kuliah, bukan hanya tidak mampu mengikuti pembelajaran melainkan juga karir bisa hancur karena tidak sesuai kemampuan. Itulah yang menjadi penyebab umum mengapa orang-orang merasa kebingungan dalam memilih jurusan kuliah.

Dalam memilih jurusan kuliah, selain keahlian hal yang juga mesti dipertimbangkan ialah hobi. Sebab, segala sesuatu yang dilakoni dengan hobi atau kegemaran, besar kemungkinan hasil akhirnya bisa memuaskan. Bagi Anda yang hobi menggambar, entah itu sejenis apartmen, kendaraan, kartun, makanan, minuman, produk kecantikan, hewan peliharaan,  ataupun tempat wisata seperti kebun binatang, air terjun, pulau, dan lain-lain, juga sangat tepat apabila kuliah di jurusan Desain Komunikasi Visual atau yang biasa dikenal dengan DKV. Desain komunikasi visual merupakan suatu ilmu di mana pengungkapannya berisi pesan-pesan yang disampaikan melalui gambar agar dapat dipahami dan dibaca dengan dilihat peraganya.

Meski bidang ini belum terkenal baik di mata masyarakat luas (karena bisa dibilang bekerja di balik layar), akan tetapi pada dasarnya profesi ini sangat dibutuhkan bagi mereka yang menjalankan suatu bisnis/usaha. Contoh, perusahaan yang memproduksi produk kecantikan dalam kemasan baru, tentu kuranglah menarik bila kemasan produk hanya polos, akibatnya sulit ditoleh oleh pembeli. Nah, dengan menggunakan jasa seorang desain ini, maka produk yang diciptakan tadinya akan lebih berwarna bahkan juga dapat diiklankan melalui media massa dengan berbagai animasi sehingga mampu menarik perhatian publik. Di samping itu, apabila mampu bekerja lebih efektif dalam bidang ini, tidak menutup kemungkinan penghasilan juga tiada batasnya. Untuk itu, bagi Anda yang hobi menggambar tidak ada salahnya bila juga mempertimbangkan jurusan ini karena sangat memungkinkan untuk masa depan.

Tes masuk kuliah lumayan gampang

Secara umum, calon mahasiswa yang akan masuk kuliah akan diadakan tes terlebih dahulu. Hal ini membuktikan bahwa para siswa mampu menekuni jurusan yang dipilihnya. Jelas, untuk lulus tes itu sendiri calon mahasiswa harus menunjukkan kemampuannya secara maksimal. Begitu juga dengan jurusan DKV, jika Anda memiliki kreasi menggambar yang baik, besar kemungkinan Anda akan lulus dan dapat diterima menjadi seorang mahasiswa. Perlu diingat bahwa, keahlian seperti ini tentunya dapat Anda manfaatkan untuk memilih universitas berkualitas, bukan tidak mungkin Anda juga bakal mendapat beasiswa bila kreativitas Anda mendukung.

Kegiatan kuliah cukup menyenangkan

Sebagian besar kegiatan mahasiswa DKV adalah menggambar. Bahkan aktivitas tersebut banyak dibawa pulang ke rumah karena memerlukan waktu yang cukup untuk menyelesaikannya. Kendati demikian, kegiatan yang diiringi dengan hobi ini tentunya tidak membuat merasa bosan karena  seiringnya waktu inovasi semakin bertambah sehingga menjadi suatu tantangan untuk menemukan inovasi kembali. Tak hanya itu, di dalam jurusan DKV Anda juga dapat mempelajari animasi, videografi, tipografi, fotografi, dan masih banyak lagi yang bisa mendukung Anda mengikuti trend terkini.

Peluang kerja relatif banyak

Yang menjadi tujuan utama daripada memilih jurusan kuliah yang tepat adalah untuk memperoleh peluang kerja secara mudah. Menariknya dalam bidang ini, selain berkesempatan bekerja di perusahaan pengembang web, animasi, advertising, percetakan, bahkan Anda juga dapat bekerja sebagai freelancer atau pekerja lepas dan tidak terikat waktu kerja. Ingat, peluang kerja menjadi pertimbangan dalam memilih jurusan kuliah supaya nantinya tidak menjadi pengangguran. So, jika Anda memiliki hobi dalam menggambar, tidak ada salahnya bila memilih jurusan ini.

Kuliah DKV pada dasarnya juga mengajak Anda untuk melek teknologi sehingga bisa mengikuti perkembangan zaman sebagaimana trendnya.