Wajib Anda Ketahui sebelum Kuliah di Singapura

kuliah di singapuraTahukah Anda bahwa ada sekitar 24,000 mahasiswa Indonesia yang menempuh pendidikan di jenjang S1, S2, dan S3 di Singapura? Yup, banyaknya mahasiswa dari tanah air yang memilih untuk kuliah di sana disebabkan karena kualitas pendidikan di negara tersebut jauh lebih baik dibandigkan di Indonesia. Di sana, ada banyak universitas ternama yang sudah masuk universitas terbaik di seluruh penjuru dunia. Nanyang Technological University, National University of Singapore, Singapore Management University, Singapore Institute of Management, Singapore University of Technology and Design, Melior International College, dan James Cook University adalah beberapa contohnya.

Para lulusan dari universitas-universitas Singapura juga diakui di seluruh dunia dan kebanyakan dari mereka sudah bekerja di perusahaan besar atau membuka bisnis sendiri. Apakah Anda tertarik untuk melanjutkan pendidikan Anda di negara yang sering disebut negara seribu satu larangan ini? Jika iya, Anda wajib mengetahui hal-hal di bawah ini sebelum kuliah di sana:

Standar biaya hidup di Singapura termasuk yang tertinggi di Asia

Jika dibandingkan dengan negara-negara di Asia Tenggara, seperti Indonesia, Malaysia, Myanmar, Filipina, dan Thailand, standar biaya hidup di negara ini dua kali lebih mahal. Tak heran apabila harga bahan makanan, produk elektronik, peralatan rumah tangga, produk fashion, dan lain sebagainya dijual dengan harga sangat mahal. Berdasarkan informasi terpercaya, hal ini membuat kebanyakan penduduk di Singapura bersifat individualis di mana mereka lebih mementingkan diri sendiri dan mengabaikan orang di sekitar mereka. Di samping itu, ketika akhir pekan atau musim liburan, mereka lebih memilih untuk liburan ke negara tetangga, seperti Indonesia untuk bersenang-senang.

Peraturan di sana sangat tegas

Berbeda halnya dengan di Indonesia, peraturan di Singapura sangatlah tegas. Misalnya saja, tempat yang sudah jelas ada larangan merokok, jika di Indonesia masih saja ada orang yang merokok. Namun, jika di Singapura, orang-orang akan mematuhinya karena apabila melanggarnya mereka akan dihukum dengan denda yang mahal. Semua peraturan di buat secara detail, sampai yang membuang sampah sembarangan pun dikenakan denda yang sangat mahal. Hal inilah yang menjadi dasar mengapa orang-orang menyebut bahwa Singapura adalah negara seribu satu aturan.

Memang terdengar cukup menyusahkan masyarakat di sana tapi lihat hasilnya. Negara ini menjadi salah satu negara teraman dan ternyaman di dunia. Sebagai generasi muda, Anda harus mencontoh betapa disiplinnya orang-orang di sana agar Anda bisa menjadi pribadi yang mandiri dan berkualitas nantinya.

Beragam suku bangsa dan bahasa ada di negara ini

Ada banyak suku bangsa dan bahasa yang bisa dijumpai di Singapura. Tak heran apabila hampir di setiap sudut kota ada orang India, Cina, Belanda, Thailand, Melayu, dan lain sebagainya. Mereka membaur satu sama lain sehingga menciptakan keragaman budaya. Bagi para pelajar Indonesia, hal ini bisa membawa keuntungan dan juga kerugian. Keuntungannya, mereka bisa mempelajari beragam budaya dari berbagai negara baik di kampus maupun lingkungan tempat tinggal. Sedangkan kerugiannya berkaitan erat dengan perbedaan bahasa. Rata-rata masyarakat di sana menggunakan bahasa Inggris dengan dialek yang berbeda-beda sehingga sulit dimengerti. Tak heran apabila kebanyakan pelajar Indonesia kesulitan dalam menyerap pembelajaran dari dosen yang bukan asli orang Inggris karena mereka menggunakan dialek mereka sendiri-sendiri. Untuk itu, Anda harus beradaptasi sebaik mungkin agar Anda bisa berkomunikasi dan mengerti apa yang sedang dibicarakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *