Sebaiknya Lakukan Ini sebelum Ikut Tes Beasiswa S1 2016

beasiswa baruMelanjutkan pendidikan ke bangku perkuliahan adalah pilihan yang tepat untuk meningkatkan wawasan dan kemampuan serta memperlebar peluang untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik di masa yang akan datang. Sayangnya, karena faktor ekonomi yang tidak mendukung, sejumlah orang yang ingin kuliah akhirnya gagal mewujudkan impian mereka karena tak sanggup membayar biaya kuliah. Sebenarnya, permasalahan ini sudah bukan masalah serius lagi karena hampir seluruh universitas menawarkan program beasiswa kepada seluruh calon mahasiswanya. Sebagai contoh, Anda bisa mengikuti program beasiswa TSM atau beasiswa President University untuk jenjang strata 1 bila tertarik kuliah di sana. Meskipun begitu, masalah lainnya muncul di mana ada banyak orang yang menginginkan hal yang sama sehingga terciptalah persaingan sengit untuk mendapatkan scholarship.

Apabila Anda ingin mendapatkan beasiswa s1 dan ikut tes dalam waktu dekat, sebaiknya lakukan ini dulu untuk menambah referensi dan tahu apa saja yang harus dipersiapkan:

Temukan informasi terpercaya mengenai beasiswa s1

Hal pertama yang mesti dilakukan adalah mendapatkan sebanyak-banyaknya informasi beasiswa 2016 dari berbagai sumber. Anda bisa mendapatkan informasi terkait dari buku, jurnal, eBook, dan artikel-artikel di internet. Ingat untuk tidak mengandalkan satu sumber saja karena terkadang informasi yang diberikan tidak valid atau relevan lagi. Bisa sajakan informasi yang ada adalah informasi dari tahun lalu yang belum mendapatkan pembaharuan sama sekali. Di samping itu, Anda juga bisa mengecek langsung ke situs resmi universitas tujuan untuk memastikan bahwa memang benar-benar ada informasi beasiswa terbaru dari universitas tersebut. Bila ada kenalan yang sudah kuliah di sana, tak salah bila meminta informasi dari kenalan Anda.

Tanya-tanya

Jangan sungkan untuk bertanya-tanya kepada orang yang banyak tentang beasiswa yang ingin Anda dapatkan. Pada umumnya, bila Anda mendapatkan informasi dari situs-situs di internet, Anda bisa bertanya kepada admin atau owner dari situs tersebut tentang beasiswa yang diinginkan. Silahkan tanya tentang informasi yang kurang jelas agar ada balasan dari admin atau bisa mendapatkan jawaban yang memuaskan. Sebagai contoh, bila tidak dicantumkan kapan tanggal pengumpulan berkas terakhir, silahkan tanya mengenai hal ini secara baik-baik. Bila tidak mendapatkan balasan, Anda bisa mengajukan pertanyaan langsung ke admin dari situs penyedia beasiswa. Jawaban yang diberikan pastinya terpercaya karena yang menjawab tahu betul informasi yang diinginkan.

Minta saran dari orang-orang yang sudah pernah ikut tes

Orang-orang yang sudah pernah ikut tes tentunya tahu apa saja soal-soal apa saja yang dikeluarkan dan jawabannya seperti apa. Tentu saja kemungkinan besar soal-soalnya akan sedikit berubah tapi tidak akan jauh dari penjelasan yang sudah diberikan. Oleh karena itu, bila Anda memiliki teman atau keluarga yang sudah mengikuti tes beasiswa di universitas yang Anda inginkan, minta sarannya agar Anda tahu apa yang harus Anda lakukan dan persiapkan. Misalnya, Anda bisa meminta saran mengenai materi tes pengetahuan umum atau psikotes yang sebaiknya Anda pelajari. Mereka akan memberikan Anda saran dan Anda wajib untuk mencatat dan memahaminya agar resiko untuk tidak tahu jawaban ketika tes bisa diminimalisir.

Apakah dengan mengikuti cara-cara di atas, sudah dipastikan bisa mendapatkan beasiswa yang diinginkan? Jawabannya bisa iya dan bisa juga tidak. Sadari bahwa Anda perlu berkompetisi dengan calon mahasiswa lain yang kemampuannya mungkin lebih baik daripada Anda. Mereka pun datang bukan tanpa persiapan matang. Mereka mungkin sudah mempersiapkan semuanya jauh-jauh hari. Apabila nantinya Anda gagal, jangan berkecil hati karena masih ada kesempatan di tahun berikutnya atau masih ada kesempatan untuk mendapatkan beasiswa di universitas lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *